Rabu, 18 Februari 2009

Apa Saja yang Perlu Diperiksa saat Ingin Membeli Notebook/Computer Second?




Postingan ini sengaja saya tulis untuk Anda yang ingin membeli Notebook/Computer second hand. Mungkin sebagian dari Anda sudah tau apa saja yang harus dicermati atau diperiksa saat Anda ingin membeli Notebook/Computer bekas/second dan ada sebagian juga yang belum tau. Jika Anda adalah termasuk orang yang sudah tau & menurut Anda postingan saya ini ada yang kurang atau salah, mohon koreksinya. Sedangkan jika Anda adalah termasuk orang yang belum tau, maka postingan ini adalah informasi yang berguna buat Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang banyak yang lebih memilih membeli barang-barang second daripada membeli barang yang baru. Hal ini dikarenakan selisih harga barang baru dengan barang second lumayan besar nilainya. Termasuk juga untuk notebook/computer second.

Saat ini banyak para penjual notebook/computer second yang memberikan harga yang relative murah & competitive. Anda jangan terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan oleh para penjual tersebut. Sebaiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu sebelum Anda membayarnya. Hal ini dikarenakan biasanya notebook/computer second yang dijual tidak mempunyai garansi. Atau kalaupun ada, para penjual hanya memberikan garansi selama + seminggu untuk hardware & + 1 bulan untuk software. Kebijakan dari para penjual tentang garansi notebook/computer ini dapat dimaklumi karena notebook/computer tersebut bukan barang baru & mereka juga tidak mendapatkan garansi saat membelinya dari user notebook/computer tersebut.

Sebenarnya seorang calon pembeli tidak mempermasalahkan hal tersebut, asal para penjualnya jujur akan kondisi notebook/computer second yang akan dijualnya. Tetapi pada kenyataanya terkadang ada beberapa penjual yang sudah mengetahui bahwa notebook/computer second yang akan dijualnya tersebut dalam keadaan sudah mendekati rusak dan mereka berpura-pura seakan tidak tau & memberikan keterangan palsu kepada calon pembelinya bahwa notebook/computer second tersebut masih dalam kondisi baik/OK. Hal ini dapat merugikan calon pembeli termasuk Anda jika Anda salah dalam membeli notebook/computer second yang Anda pikir masih dalam keadaan baik tetapi sebenarnya sudah akan mendekati rusak. Anda pasti tidak ingin hal ini terjadi pada diri Anda dan Anda dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan notebook/computer second yang sudah Anda beli dengan terlebih dahulu memeriksanya sebelum akhirnya membeli.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda amati/periksa saat Anda ingin membelinya :

  1. Spesifikasi
Sebelumnya Anda harus menanyakan tentang spesifikasi notebook/computer second yang akan dijual kepada Anda. Setelah itu, Anda harus menyesuaikan (membuktikan) kebenaran tentang spesifikasi yang diberitahukan kepada Anda. Ada beberapa cara yang bisa anda pakai, salah satunya adalah dengan menjalankan program DirectX Diagnostic Tool (jika Anda belum tau cara menjalankannya, Anda dapat mengetikkan kata dxdiag di dalam kolom menu Run dari menu Start seperti terlihat pada gambar di bawah ini :


Setelah Anda mengetikkan kata dxdiag, maka akan muncul menu seperti terlihat pada gambar di bawah ini :


Di dalam program DirecX Diagnostic Tool ini, Anda akan diberikan informasi tentang Operating System yang digunakan, System Manufacturer, System Model, BIOS Version, Processor Frequency, Memory Card Capacity, Video Card Name, Video Card Memory, Video Card Manufacture, Sound Card Name, Sound Card Manufacture & dll. Selain cara ini, ada satu cara lagi yaitu dengan menjalankan program System Properties. Caranya dapat dilakukan dengan mengklik kanan My Computer yang dapat Anda lihat dari program Explorer, setelah itu pilih Properties seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

 
Setelah Anda meng-klik Properties, maka akan muncul menu seperti ini :


Di dalam System Properties ini, Anda dapat melihat Operating System yang digunakan, Operating System Registration, Processor Frequency, Memory Card Capacity & dll. Pada contoh gambar di atas, Operating System yang digunakan adalah Microsoft Windows XP Propesional Service Pack 2 Version 2096, Processor yang digunakan adalah Intel Pentium 4 1.8GHz dan Memory Card yang terpasang memiliki kapasitas 256 MB.

  1. Harddisk
Memeriksa harddisk adalah suatu keharusan dikarenakan harddisk rentan sekali akan kerusakan. Biasanya harddisk yang sudah mendekati rusak, suara putarannya akan terdengar sangat kasar dan putarannya tidak lancar (tersendat-sendat). Hal ini dikarenakan sudah ada sector yang rusak (bad sector) di dalam harddisk tersebut. Jadi sebaiknya terlebih dahulu Anda dengarkan suara harddisk dari notebook/computer second yang akan Anda beli. Cara ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya harddisk rusak setelah Anda membeli notebook/computer second.

  1. Keyboard
Keyboard mempunyai fungsi yang sangat penting yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah notebook/computer. Tanpa kerboard, notebook/computer tidaklah lengkap karena beberapa perintah tidak dapat dilakukan dengan menggunakan mouse. Apalagi jika kita melakukan perintah di BIOS atau di program MS-DOS. Selain itu, keyboard untuk notebook harganya cukup mahal. Jadi sebaiknya Anda memeriksanya dengan menekan satu persatu semua tombol yang ada di keyboard dan lihat efeknya di notebook/computer second yang akan Anda beli apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah tidak berfungsi lagi sama sekali. Untuk tombol-tombol huruf, angka & karakter, Anda dapat mencobanya dengan mengetikkan huruf, angka & karakter tersebut di program Notepad atau MS-Word.

  1. CD/DVD-ROM
Periksalah CD/DVD-ROM dengan cara memasukkan CD/DVD kedalamnya kemudian lihat di program Explorer apakah CD/DVD yang Anda masukkan tersebut terbaca atau tidak sama sekali. Terkadang ada beberapa CD/DVD-ROM yang bisa membaca tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini ada yang dikarenakan oleh kecepatan dari CD/DVD-ROM tersebut yang tidak terlalu tinggi dan ada pula yang dikarenakan oleh bagian dari CD/DVD-ROM yang berfungsi sebagai pembaca sudah mulai susah untuk membaca data dari kepingan CD/DVD. Sebaiknya Anda lebih teliti akan hal ini.

  1. Port yang tersedia
Setiap notebook/computer menyediakan port dengan jumlah & fasilitas yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan port USB dengan jumlah 2 port, ada yang 3 port dan ada yang cuma 1 port. Ada yang menyediakan port keyboard PS2 dan ada juga yang tidak. Anda perlu memeriksa semua atau sebagian port yang disediakan tersebut yang menurut Anda sering Anda gunakan seperti USB port. Caranya sangat gampang hanya dengan memasangkan device yang menggunakan port yang sama yang terpasang di notebook/computer sebagai perantara/interface-nya. Lihat dilayar notebook/computer apakah device-nya terdeteksi atau tidak sama sekali. Jika tidak, kemungkinannya port yang digunakan sebagai perantara/interface device yang Anda pasangkan sudah rusak atau driver untuk port/device yang Anda pasangkan belum ter-install di notebook/computer.

  1. Layar monitor
Notebook/computer second yang dijual sudah pasti layarnya masih berfungsi (masih dapat menampilkan gambar). Pertanyaannya apakah layar monitornya masih berfungsi dengan baik? Anda perlu mencermati hal ini dengan memeriksanya. Bila layar monitornya berjenis tabung CRT, yang perlu Anda periksa adalah apakah warna yang ditampilkan masih sesuai dengan yang seharusnya dan lihat di bagian sudut-sudut layar monitor tersebut apakah warna yang ditampilkan pada bagian sudut masih sama dengan warna yang ditampilkan pada bagian tengah atau bagian lainnya. Misalkan jika warna yang terlihat pada bagian tengah adalah warna biru, maka warna yang terlihat pada bagian sudutnya juga harus berwarna biru, bukan warna hitam atau warna lainnya. Sedangkan jika layar monitornya berjenis LCD, maka periksalah apakah titik-titik pixel yang ditampilkan masih lengkap. Satu titik pixel saja yang tidak berfungsi (tidak dapat menampilkan warna yang seharusnya ditampilkan, biasanya titik pixel yang sudah tidak berfungsi tersebut berwarna biru langit) itu sudah berarti monitor LCD tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik.

  1. Driver hardware
Setiap hardware yang terpasang pada notebook/computer harus mempunyai driver agar hardware tersebut dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Sebaiknya Anda memeriksa apakah hardware yang terpasang di notebook/computer second yang akan Anda beli sudah ter-install atau belum sama sekali. Caranya dengan menjalankan program System Properties yang dapat Anda jalankan melalui program Explorer kemudian mengklik kanan & pilih Properties seperti yang telah saya terangkan sebelumnya. Cara lain dapat Anda lakukan melalui Control Panel kemudian klik icon Sytem yang ada di dalam control panel tersebut. Setelah Anda mengkliknya, maka akan muncul menu System Properties kemudian pilih halaman Hardware. Menu yang ditampilkan selanjutnya akan seperti ini : 


Setelah Menu ini muncul, maka kemudian klik tombol Device Manager dan kemudian akan muncul menu Device Manager seperti terlihat di bawah ini :

Disini Anda akan dapat melihat apakah driver hardware yang terpasang pada notebook/computer second yang akan Anda beli sudah ter-install dengan baik. Pada contoh gambar di atas Anda melihat ada satu hardware (Network Adapters : diberi tanda silang merah pada gambar iconnya) yang driver-nya tidak ter-install dengan baik (tidak sesuai). Jika Anda melihat hal yang sama seperti ini pada notebook/computer second yang akan Anda beli, sebaiknya Anda menanyakan kepada penjualnya mengenai driver hardware tersebut.
Selain memeriksa driver yang ter-install, sangat disarankan Anda menanyakan tentang source/master driver hardware yang terpasang di notebook/computer yang akan Anda beli kepada penjualnya. Hal ini untuk memudahkan Anda jika suatu saat nanti Anda ingin mem-format ulang harddisk & meng-install ulang operating system-nya.

  1. Harga
Yang terakhir adalah masalah harga. Tanyakan kepada penjual tentang harga notebook/computer second yang akan dijualnya kemudian sesuaikanlah harga tersebut dengan spesifikasi yang sudah diberitahukan kepada Anda oleh penjualnya dan sesuaikan juga dengan harga yang ada di pasaran saat itu serta bandingkan dengan harga untuk notebook/computer baru dengan spesifikasi yang sama. Bila terlalu mahal, Anda boleh bernegosiasi dengan penjualnya sampai harganya cocok menurut Anda.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda :-)



1 comments:

Schwarzkophf mengatakan...

Nice info ..
Thanks for share friend ...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management