Sekilas tentang Web Hosting

Web hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat penyimpanan data / file yang berkapasitas megabytes (mb) hingga terabytes (tb) di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Layanan jasa ini terkoneksi ke internet selama 24 jam sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Hal inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting :
Setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini. Dengan adanya dukungan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal bagi perorangan ataupun perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi, menyebarkan informasi, berjualan (bisnis), layanan publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian yang biasanya dipostingkan ke dalam sebuah blog/weblog.

Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang jasa, produk, layanan publik dan lainnya merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan.
Contoh Pertama : di Indonesia dengan sekitar 100 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan website guna memajukan pendidikan.
Jadi, bila Anda telah membuat prototip desain yang dapat dibaca oleh internet browser seperti html, maka sudah waktunya anda menaruh desain itu di internet dengan meng-upload desain Anda ke perusahaan yang melayani penjualan hosting.

Kapan anda membutuhkan Situs Web :
Disaat anda ingin memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, disaat anda ingin orang lain memperoleh informasi yang benar mengenai hal-hal kemanusiaan, disaat anda ingin menyebarluaskan pengetahuan demi kesejahteraan sesama manusia, disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membutuhkan layanan web hosting.
Situs web adalah sebuah channel above the line yang termurah yang ada di pasar saat ini, kemampuan broadcast 24 jam seminggu, tak terbatas pada aspek demografis, geografis, menjadikannya positif dalam rasio cost to benefit. Bila anda ingin ditemukan, dikenal, diapresiasi, mengiklankan diri/produk anda, berarti anda wajib memiliki situs web.

Dimana menyewa Web Hosting :
Saat ini ada ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting yang ada di dunia ini. Anda dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo. Anda dapat memilihnya sendiri yang Anda inginkan apakah Anda ingin memilih penyedia jasa layanan web hosting lokal (Indonesia) ataupun jasa layanan web hosting luar negeri. Jangan ragu untuk bertanya, bandingkan fiturnya seperti kapasitas ruang dan kapasitas bandwidth yang diberikan serta service-nya.

Teknologi apa yang digunakan :
Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting. Teknologi ini memungkinkan layanan Anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan.

Bagaimana cara Mengelola Web Hosting :
Setelah Anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya Anda pasti bertanya-tanya bagaimana mengelolanya? Hal ini merupakan tantangan yang tidak mudah, sebab informasi yang ada harus selalu ditambah dan diperbaharui. Sebuah tips sederhana yaitu lakukanlah persiapan untuk memperbaharui website Anda pada posisi Off Line untuk menghemat biaya.
Selamat mencoba… :-)

Postingan ini dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Webhosting

Link yang berhubungan dengan postingan ini :

Komentar

  1. Nice post, thanks atas infonya

    BalasHapus
  2. klo cara buat web hosting gmn y mas..??hehehe..klo nyewa uda biasa..:D

    BalasHapus
  3. @chris : Yang jelas kalo mau punya web hosting sendiri, mas harus punya server sendiri. Lebih jelasnya mas bisa baca di : http://solocybercity.wordpress.com/2009/01/20/bisnis-sewa-kos-kosan-di-dunia-maya/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer