Top 10 Web Hosting Indonesia

Seiring dengan perkembangan bisnis online saat ini yang membutuhkan tempat penyimpanan data/file (web hosting) agar website dapat diakses oleh user dari semua penjuru dunia, bisnis web hosting di Indonesia juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan web hosting yang ada di tanah air yaitu sekitar 225 perusahaan yang membawa negara Indonesia menempati urutan rangking ke-27 dunia berdasarkan jumlah banyaknya perusahaan web hosting yang ada dan berkembang di Indonesia.
 
Jika Anda adalah orang yang ingin mengembangkan bisnis Anda secara online, maka Anda pasti membutuhkan sebuah website, domain & web hosting. Untuk memiliki sebuah website, domain & web hosting, Anda tidak perlu bersusah payah lagi karena saat ini sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menawarkan jasa pelayanan pembuatan website (web development), penyewaan web hosting & domain dengan harga yang murah & kompetitif. Sistem pembayarannya pun dapat Anda pilih yang mana menurut Anda lebih memudahkan diri Anda dalam melakukan pembayaran. Bahkan saat ini sudah ada beberapa perusahaan web hosting di Indonesia yang menawarkan sistem pembayaran transfer via rekening Bank (biasanya Bank Mandiri atau Bank BCA).

Anda mungkin ingin tahu perusahaan web hosting Indonesia mana saja yang termasuk dalam Top 10 Web Hosting Indosnesia. Berikut ini adalah chart & table untuk Top 10 Web Hosting Indonesia berdasarkan jumlah nama domain yang di hosting pada perusahaan-perusahaan web hosting di Indonesia :


Berikut ini profile singkat Top 10 Perusahaan Web Hosting Indonesia :

  1. MasterWebNet.com merupakan divisi dari PT. Master Web Network / MWN™ yang memfokuskan pada jasa webhosting, yang mencakup Domain Name, Shared Hosting, Colocation Server, Dedicated Server dan Managed Server. Pendirinya adalah pelaku Internet yang telah berpengalaman sejak 1995 dan telah berkecimpung di bidang ISP sejak 1996 serta di bidang webhosting sejak 1998. MasterWebNet.com mengantongi sekitar 15.415 nama domain yang di hosting pada web server Master Web Network.
  2. IDwebhost.com merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa pelayanan hosting di Indonesia. Titik berat perhatian berada pada sisi layanan kepada pelanggan, dengan harga yang murah, seperti motonya “Best Service at Affordable Cost”. Perusahaan ini tidak main-main dalam mengutamakan pelayanan, menyediakan 6 orang khusus untuk melayani customer. Jika di perusahaan lain support hanya membantu dalam hal administrasi dan sedikit tentang teknikal, maka perusahaan ini membantu hingga scripting pemrograman, hingga ke hal-hal detail dengan mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi customer secara tuntas. Dengan komitmen dan konsentrasi pada pelayanan webhosting Indonesia, kini perusahaan ini berhasil menjadi salah satu perusahaan webhosting terpercaya dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia dan mengantongi sekitar 10.228 nama domain yang di hosting pada web server IDwebhost. IDwebhost merupakan salah satu cabang usaha dari CV. JogjaCamp Software Development.
  3. MasterWeb.net merupakan divisi dari PT. Master Web Network / MWN™ (satu group dengan MasterWebNet.com) yang mengantongi sekitar 3.777 nama domain yang di hosting pada web server Master Web Network.
  4. Eazysmart.com adalah salah satu nama produk dari divisi IT Solution PT. Smart Intermedia Solusindo yang khusus memberikan layanan di bidang Web Hosting, Registrasi Domain, Reseller Hosting, Reseller Domain, Dedicated Server & VPS. Layanan eazysmart beroperasi sejak 2007 dengan misi menekankan kemudahan dalam layanan dan menerapkan total support 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu untuk menjamin semua customernya benar-benar mendapatkan pendampingan selama 24 jam penuh. Untuk menjamin layanan prima, eazysmart memiliki server sendiri yang ditempatkan pada pusat Interkoneksi Internet Indonesia (Indonesia Internet Exchange/IIX) yang berlokasi di Gedung Cyber, Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta Selatan, serta Savvis Dallas Data Center, Amerika Serikat. Untuk menjamin harga yang terjangkau, eazysmart selalu menggunakan server dengan kapasitas besar. Kapasitas server selalu diupgrade sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Inilah sebabnya mengapa harga layanan hosting eazysmart sangat murah hingga 25% dari market price saat ini di Indonesia.
  5. RumahWeb.com adalah salah satu divisi dari PT. Inter Lintas Media yang mulai beroperasi sejak tahun 1999 dengan nama Jogjaweb.NET yang utamanya menangani pengembangan website. Pada tahun 2002 di putuskan untuk memisahkan layanan hosting dengan nama baru yakni Rumahweb. PT. Inter Lintas Media sendiri bergerak di bidang jasa Application Service Provider, Networking, dan Trainning. Komitmen dari perusahaan ini adalah menghadirkan layanan hosting dengan support terbaik di Indonesia yang senantiasa siap setiap saat membantu pelanggan yang terdiri dari berbagai level kemampuan dan pengalaman. RumahWeb.com mengantongi sekitar 7.564 nama domain yang di hosting pada web server Rumah Web Hosting Indonesia.
  6. ArdHosting.com adalah merupakan brand image dari PT. ARDH GLOBAL INDONESIA yang berdiri pada tahun 2000 dengan fokus jasa layanan di bidang web hosting dan registrasi domain. Dengan slogan "Faster & Reliable Webhosting", Ard.Hosting.com bertekad memberikan layanan web hosting yang murah, cepat dan handal sesuai kebutuhan anda. Ardhosting.com juga menyediakan pilihan operating system linux dan windows. Dengan menggunakan kontrol panel webhosting manager (WMH) dan CPANEL untuk tipe operating system linux dan dilengkapi dengan FANTASTICO autoinstaller software Postnuke, PHP-Nuke, Oscommerce, phpBB2, Joomla, wordpress, 4Image Gallery, Shopping chart, dll, maka aplikasi yang Anda inginkan akan terinstall pada account hosting Anda dan PLESK untuk tipe operating system Windows hanya dengan mengikuti wizard yang ada sehingga sangat memudahkan Anda dalam mengatur website. Jadi, walaupun Anda tidak tahu PHP, CGI & mySQL, Anda dapat mendesign website Anda sendiri. Selain itu, ArdHosting.com juga menyediakan pilihan datacenter Indonesia(IIX), Singapore dan USA yang bebas Anda pilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan pasar dari website Anda. ArdHosting.com mengantongi sekitar 6.321 nama domain yang di hosting pada web server Ard Hosting.
  7. KotaHosting.com merupakan brand dari CV. Kota Teknologi Indonesia yang menyediakan layanan jasa registrasi domain, personal web hosting, corporate hosting serta dedicated server dengan kebebasan pilihan server Indonesia / IIX dan USA. Dengan harga bijaksana dan relatif murah serta system keamanan yang handal dilengkapi dual remote backup, hadiah promo tiap transaksi dan discount progressive hingga 30%, segenap team KotaHosting.com berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada Anda. KotaHostng.com mengantongi sekitar 4.326 nama domain yang di hosting pada web server Kota Hosting.
  8. Idwebspace.net adalah perusahaan jasa Web Hosting terbaik yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan perusahaan Hosting lainnya. Perlengkapan yang mudah dioperasikan & berkualitas untuk mendukung dan mengembangkan bisnis Anda dengan harga yang terjangkau. Tujuan utama idwebspace.com selain menawarkan web hosting dengan harga terjangkau juga selalu berusaha memberikan layanan yang maksimal, berkualitas dan terbaik. Untuk server, idwebspace mengutamakan kecepatan (speed) karena kecepatan adalah bagian dari segalanya termasuk network, hardware, software, layanan support dan lain sebagainya. Perusahaan ini selalu meng-update teknologi terbaru untuk memastikan bahwa Website Anda akan menjadi yang tercepat & tercanggih.
  9. Qwords.com Web Hosting adalah perusahaan penyedia jasa layanan Web Hosting (Web Hosting Provider) yang melayani registrasi nama domain & Web Hosting sejak Juli 2005. Qwords.com menyediakan jasa layanan registrasi nama domain dan web hosting yang sangat murah dan cocok untuk kebutuhan Anda serta menyediakan server dengan kualitas terbaik dan juga cepat diakses dari SELURUH DUNIA bukan hanya dari Indonesia saja, sehingga mampu memberikan pelayanan yang prima bagi pengunjung yang mengakses situs klien Qwords.com. Berdiri pada 10 Juli 2005, Qwords.com mulai membuka lapangan kerja baru bagi Mahasiswa juga Fresh graduate yang memiliki kompetensi tinggi pada saat itu. Saat ini Qwords.com merupakan salah satu tempat tujuan kerja yang diminati oleh berbagai lulusan perguruan tinggi di Kota Bandung. Qwords.com melayani salah satu proses bisnis dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan solusi IT dan komunikasi agar perusahaannya lebih berkembang dan juga dikenal oleh seluruh dunia melalui media Internet. Memberikan pelayanan semaksimal mungkin dengan harga terjangkau dan kualitas yang optimal, demi mencapai kepuasan pelanggan serta memberikan solusi bagi usahanya adalah komitmen dari Qwords.com. Dalam tiga tahun perjalanannya memberikan layanan registrasi nama domain dan web hosting, Qwords.com berkembang amat pesat dengan mengantongi sekitar 2.472 nama domain yang di hosting pada web server Qwords yang merupakan perusahaan web hosting nomor satu di Jawa Barat.
  10. JagoanHosting.com merupakan penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling JAGO namun tetap dengan harga web hosting murah. Penyajian paket web hosting yang flexibel dan pilihan server web hosting di server US maupun di server IIX (Indonesia) mempermudah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Versi terbaru cPanel dan Fantastico memudahkan proses instalasi website Anda hanya dengan mengikuti wizard yang telah tersedia. JagoanHosting.com berkomitmen menjadi penyedia layanan web hosting handal dan web hosting terbaik di Indonesia pada tahun 2008 namun tetap menghadirkan layanan yang prima dan handal dengan harga web hosting murah. Untuk mewujudkan komitmen itu, JagoanHosting.com memberikan pelayanan sales dan support hosting dari Surabaya dan Jakarta 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Garansi 30 hari uang kembali, jaminan Network Uptime dan Server Uptime merupakan wujud keseriusan dan tanggung jawab atas kepercayaan yang sudah diamanatkan pada Team Jagoan Hosting Indonesia. Jagoanhosting.com mengantongi sekitar 2.197 nama domain yang di hosting pada web server Jagoan Hosting Indonesia.

Sekarang Anda sudah tahu perusahaan web hosting mana saja yang termasuk dalam Top 10 Web Hosting Indonesia serta profile perusahaan web hosting tersebut. Anda tinggal memilihnya sendiri jika Anda ingin menyewa tempat penyimpanan data/file untuk website Anda. Tetapi perlu diketahui bahwa Top 10 Web Hosting Indonesia yang tertulis dalam postingan ini bukanlah berdasarkan kepuasan pelanggan melainkan berdasarkan jumlah nama domain yang di hosting pada perusahaan-perusahaan web hosting di Indonesia.

Sekedar informasi tambahan, untuk nama domain yang terdaftar dengan memakai alamat di Indonesia juga mengalami perkembangan yaitu sekitar 158,218 nama domain. Hal ini membawa Indonesia menempati urutan rangking ke-26 dunia berdasarkan jumlah domain yang terdaftar dengan memakai alamat Indonesia & menunjukkan bahwa saat ini semakin banyak perorangan ataupun perusahaan di Indonesia yang memiliki website untuk keperluan bisnis online ataupun sharing informasi.

Data-data yang dipakai di dalam postingan ini dikutip dari situs Web Hosting Informasi per tanggal 06 Februari 2010.

Komentar

  1. kalo gitu mana yang bagus?

    BalasHapus
  2. Mas farhan...

    Di postingan ini ditulis TOP 10 Web Hosting Indonesia berdasarkan banyaknya nama domain yang di hosting pada perusahaan-perusahaan web hosting di Indonesia bukan berdasarkan kepuasan pelanggan atau pelayanannya. Jadi jika Mas Farhan mau tau yang bagus, Mas boleh membandingkannya sendiri antara satu perusahaan web hosting dengan perusahaan web hosting lainnya yang termasuk Top 10 yang tertulis dalam postingan ini.

    Intinya, buka aja dulu situs perusahaan web hostingnya lalu cari yang harganya murah, fitur yang ditawarkan lengkap & pelayanannya Oke. Dengan kata lain yang bagus adalah yang memberikan harga murah, fitur lengkap serta pelayanan yang OKE.

    BalasHapus
  3. Mantapppp...
    ini yang aq cari2 boz. thanks banget yah :)

    BalasHapus
  4. terimakasih info-nya mas,
    bisa dikasih tau kelebihan - kekurangan dari web host tersebut tidak?

    BalasHapus
  5. Kalo berdasarkan pengalaman saya masterweb paling bagus..
    selain murah,server kuat,CS banyak.bisa dihubunngi via YM...

    BalasHapus
  6. Wah, semoga http://www.rajawebhost.com akan melesat ke angkasa sejajar dengan mereka !

    BalasHapus
  7. tapi menurutku sih bener kata bro Rahmat, saya rasa itu dr penjualan domain to aja kan rank nya, bukan pelayanannya dan stabil servernya. malah saya berlangganan hosting di web yg baru maniakhost.com pelayanannya saya puas, tidak pernah down, saya jg pernah hosting di beberapa list top 10 itu, malah servernya down molo ampunnn de

    BalasHapus
  8. Review yang sangat bagus. Selain itu, jika Anda masih membutuhkan web hosting yang handal dan powerful, maka kami menyarankan agar Anda menggunakan layanan kami (IDHostinger).

    BalasHapus
  9. yups betul, ini top 10 beradasarkan registrasi domain, kalau untuk cek kualitas bisa aga susah karena banyak faktor.

    BalasHapus
  10. Review yang sangat bagus. Bagi teman-teman yang membutuhkan web hosting yang berkualitas dan bergaransi, silahkan mencoba layanan dari Hostinger Indonesia (www.idhostinger.com).

    BalasHapus
  11. sayangnya provider kami e-padi.com belum masuk dalam review ini.
    Semoga kedepan bisa jadi bahan pertimbangannya bos :)

    Thanks

    BalasHapus
  12. iya, memang itu bukan satu2nya patokan gan.
    kalau berkenan, silahkan mampir ke lapak kami.

    http://www.rajawebhost.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  13. Toko online saya saat ini menggunakan hosting Masterweb,layananya memang memuaskan,tapi ga tau kenapa web saya pernah suatu ketika di suspended,trs saya tanya,fast respond katahnya web kami melebihi beban kinerja server lalu disarankan memakai VPS,saya sampe sekarang belum mengerti dan tidak dijelaskan batasannya kinerja di server itu seperti apa.kenapa web saya melebihi beban padahal itu hanya memakai CMS Joomla 1.5 bukan kelasnya Magento yg katanya minimal hrs VPS.Itu yang saya masih bungung dengan Masterweb.

    BalasHapus
  14. Thanks... terimakasih, pertimbangan dalam memilih hosting bro..

    BalasHapus
  15. Wah saya senang sekali ada review ttg profile singkat Top 10 Perusahaan Web Hosting Indonesia nya.. Nice info ^^ saya juga sebelumnya review hostingan di http://jaringanhosting.com/ mgkn sobat blogger ada yang lg cari hostingan bisa nambah2 info ^^

    BalasHapus
  16. Salam, thanks untuk review diatas, menambah informasi.

    Kalau saya sih makek rajawebhost. Pelayanan di Rajawebhost.Com bagus, kita selalu di layani dengan baik. Sudah beberapa tahun saya langganan di Rajawebhost, pelayanan mereka baik dan ramah.

    BalasHapus
  17. pengalaman, saya punya beberapa website yang hosting di Rajawebhost.COM. so far sih layanannya lancar !

    BalasHapus
  18. Pengen mindahin blog saya ke hosting qwords, soalnya udah ketemu langsung sama technical supportnya dan dapat voucher diskon 20%. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer