Sekilas tentang Internet


Apa itu Internet?
Apakah Anda sudah tau apa itu internet?. Internet sering disebut juga sebagai dunia maya. (dunia yang tidak nyata). Saya juga masih heran kenapa disebut seperti itu. Yang jelas internet itu berasal dari kata Interconnected Networking yang bisa diartikan sebagai kumpulan dari beberapa jaringan komputer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing komputer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan menggunakan bahasa jaringan (TCP/IP).

Apa itu TCP/IP?
TCP berasal dari kata Transmission Control Protocol. Sedangkan IP berasal dari kata Internet Protocol. TCP/IP merupakan satu set aturan yang menggambarkan bagaimana dua komputer atau lebih (kumpulan komputer) berkomunikasi dan bertukar data satu sama lain didalam suatu network (jaringan). Aturan ini kemudian disebut sebagai protocol.

Kira-kira kapan ya pertama kali Internet muncul di bumi ini?
Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang dibangun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kepentingan militer. ARPANET ini kemudian berkembang dan dipecah manjadi dua yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet yang kita kenal sekarang ini.

Apa sih fungsi Internet?
Seperti telah dituliskan di atas bahwa awalnya Internet itu difungsikan untuk keperluan militer. Nah sekarang internet kan sudah berkembang luas. Jadi internet dapat difungsikan sebagai :
  1. Komunikasi; Internet adalah alat komunikasi, kegunaan yang sangat penting dari internet adalah pertukaran pesan dengan menggunakan electronic mail (e-mail).
  2. Resource Sharing; Dengan internet, kita dapat mencari software, essay, data dan program dari ribuan titik distribusi di seluruh dunia.
  3. Resource Discovery; Navigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host atau orang diantara jutaan host.
  4. Komunitas; Dengan Internet, kita bisa membuat sebuah komunitas atau forum bagi orang-orang yang mempunyai minat yang sama.
Bagaimana cara mengakses Internet?
Sebenarnya jika Anda sudah membaca postingan ini berarti Anda sudah berhasil mengakses Internet karena postingan ini diletakkan didalam suatu halaman dari sebuah blog (situs) yang terkoneksi dengan Internet. Walaupun demikian tidak ada salahnya jika saya menerangkan apa saja yang dibutuhkan agar kita dapat mengakses Internet. Berikut adalah rinciannya :
  1. Hardware; Memiliki komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut : CPU yang mampu menjalankan system operasi Windows atau Linux.
  2. Monitor.
  3. Mouse
  4. Keyboard
  5. Modem dengan kecepatan 14400 BPS atau lebih.
  6. Berlangganan dengan ISP (INTERNET Service Provider) atau Online Service
  7. Software/Program Aplikasi (tergantung fasilitas INTERNET yang akan digunakan) seperti : Google Chrome, Netscape, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera Dll.
Semoga saja postingan saya ini dapat menambah wawasan Anda.... :-)


Komentar

  1. mantap bos...
    link back boz biar page ranknya naik!!!

    BalasHapus
  2. emang cuman windows dan linux aja yang bisa ??? hehehe... aku kan pake Mac OS.. haha (just kidding)..

    BalasHapus
  3. He.. he....
    Ya bukan cuma windows & linux aja yang bisa access internet, Mac OS juga bisa Boss. Bahkan sekarang kita bisa access internet via Handphone.

    BalasHapus
  4. Wah saya sudah bisa internet sejak lam, tapi ga pernah mendalami pengertian Internet sesungguhnya Mas he he he..

    Salam hangat, terima kasih sudah mampir di BLOG saya dan berkomentar mengenai DBS..

    Salam dari Bandung... :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer