Senin, 24 Agustus 2009

Selamatkan Budaya Bangsa Indonesia



Budaya adalah ciri khas sebuah bangsa. Jika sebuah bangsa tidak memiliki budaya, maka bangsa tersebut bisa dikatakan tidak memiliki jati diri.

Indonesia adalah sebuah Negara yang bangsanya memiliki beraneraka ragam budaya dan kita sebagai bangsa Indonesia mesti bangga akan hal ini. Bukan cuma bangga, seharusnya kita juga harus lebih peduli terhadap budaya bangsa Indonesia karena jika kita tidak peduli, siapa lagi yang akan peduli?.

Budaya bisa saja sewaktu-waktu punah karena kita tidak menjaga & melestarikannya dengan benar. Bahkan bisa juga diklaim oleh bangsa lain sebagai budayanya. Apakah jika hal ini terjadi kita rela membiarkannya? Sudah pasti Anda termasuk juga saya tidak rela.

Belakangan ini seperti yang kita lihat & dengar dari media televisi bahwa sebagian budaya kita yaitu kesenian reok, angklung, wayang kulit & tari pendet telah diklaim oleh bangsa lain sebagai budayanya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kita semua pasti bertanya-tanya dalam hati dan pasti marah karena budaya kita dicuri oleh bangsa lain. Hal ini terjadi mungkin saja karena kita tidak begitu peduli akan budaya bangsa kita sehingga sewaktu-waktu ketika kita lengah, bangsa lain mengambil budaya kita dan mengklaim sebagai budayanya. Jadi sebaiknya kita harus lebih berhati-hati akan hal ini.

Sebaiknya sebelum kita mengenalkan budaya kita kepada bangsa lain, terlebih dahulu kita mesti mem-patent-kan & menunjukkan kepada dunia bahwa budaya tersebut adalah milik bangsa Indonesia agar budaya kita itu jelas dan tidak dapat diambil oleh bangsa lain. Jangan pernah ceroboh karena kita tidak tau apa niat sesungguhnya bangsa lain ingin mengenal & mempelajari budaya kita. Sebab jika kita ceroboh, maka kasus hilangnya budaya bangsa Indonesia karena dicuri oleh bangsa lain bisa saja akan terulang kembali dan kita pasti tidak ingin ini terjadi. Nah… bagaimana dengan budaya yang sudah terlanjur diklaim oleh bangsa lain sebagai budayanya? Saya sangat berharap sekali kepada Pemerintah Indonesia agar bisa lebih peduli dan serius dalam menangani hal ini dengan cara yang bijaksana serta mengambil tindakan-tindakan yang sepatutnya perlu dilakukan.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, mulai dari sekarang marilah kita sama-sama menjaga, melestarikan dan menyelamatkan budaya bangsa kita ini yang mungkin sudah mulai terlupakan oleh kita. Indonesia sudah 64 tahun berdiri, kita harus menjaga budaya kita agar Indonesia tetap berdiri kokoh dan menjadi bangsa yang memiliki ciri khas tersendiri serta bisa lebih maju di tahun-tahun mendatang.

Jayalah Indonesiaku!!!

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management