Manfaat Konvergensi IT dan Telekomunikasi bagi Masyarakat

IT yang juga biasa dikenal sebagai Information Technology atau Teknologi Informasi serta telekomunikasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu teknologi informasi dan telekomunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah internet dan handphone. Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh, saat ini sudah mempunyai multi fungsi. Kita sudah dapat membuka email dan melakukan browsing melalui handphone yang kita miliki dan tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan kita keluarkan karena tarif untuk mengakses internet yang diberikan oleh provider telekomunikasi sudah terbilang murah.

Beruntunglah bagi kita yang hidup di zaman sekarang ini karena kita dapat merasakan manfaatnya. Coba bayangkan jika kita hidup di zaman dulu, kita tidak akan bisa mendengar suara kerabat kita yang berada jauh dari tempat tinggal kita karena pada saat itu tidak semua orang memiliki alat sebagai media komunikasi jarak jauh. Kita tidak akan bisa mengetahui informasi dengan cepat karena pada saat itu informasi hanya bisa didapatkan melalui koran, televisi dan radio. Tapi saat ini berbeda, segala informasi bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat melalui internet karena sudah banyak orang yang menggunakan internet sebagai media untuk berbagi informasi.

Tidak hanya itu, internet juga sangat membantu dan memudahkan kegiatan sehari-hari kita. Berikut adalah beberapa contoh manfaat internet yang merupakan salah satu produk teknologi informasi bagi kita saat ini :
  1. Jika ingin mencari informasi tentang sesuatu, kita dapat menemukannya dengan cepat melalui mesin pencari seperti google, yahoo dan lain-lain.
  2. Pengiriman uang serta pembayaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah hampir semua Bank di Indonesia menggunakan sistem mobile banking dan internet banking. Yang kita butuhkan hanyalah handphone ataupun laptop yang terkoneksi dengan internet untuk melakukan transaksi ini.
  3. Bagi yang ingin berbisnis, internet dapat digunakan sebagai media untuk berjualan dengan membuat website yang berfungsi sebagai toko online dan modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar karena tidak perlu lagi menyewa tempat yang akan dijadikan sebagai toko untuk berjualan.
  4. Bagi pengusaha/pebisnis yang ingin mempromosikan produknya, internet juga dapat digunakan sebagai media promosi sehingga seluruh masyarakat indonesia bahkan dunia dapat mengenal produk yang dipromosikan. Hal ini dapat mendongkrak penjualan dan menguntungkan bisnis yang dijalani.
  5. Berbelanja juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah banyak pebisnis/penjual yang berjualan di internet dengan menggunakan sistem toko online dan pembayaran online.
  6. Bagi yang suka menulis atau sekedar berbagi pengalaman, internet dapat dijadikan sebagai media untuk berbagi informasi ke seluruh nusantara bahkan ke seluruh dunia. Tidak susah, kita dapat memuatnya ke dalam website/blog pribadi kita dengan cara meng-upload tulisan kita tersebut.
  7. Beberapa klub atau komunitas sudah menggunakan sistem pendaftaran online yang dapat dilakukan melalui internet sehingga jika kita ingin bergabung pada suatu klub ataupun komunitas, kita tidak perlu lagi mendatangi kantornya. Yang diperlukan hanyalah mengisi formulir yang disediakan di website klub/komunitas tersebut kemudian mendaftarkannya secara online. Hal ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Praktis bukan.
  8. Hampir semua instasi pemerintah sudah memiliki website sehingga jika kita ingin mengetahui informasi lebih dalam tentang instasi tersebut, kita tinggal mengunjungi website-nya saja.
  9. Jadwal penerbangan serta harga tiketnya dapat dilihat melalui internet karena hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia menggunakan sistem online yang artinya kita dapat melakukan pem-booking-an tiket dimana saja & kapan saja.
  10. Bagi yang ingin menambah kenalan atau mempererat tali silaturrahmi, internet juga dapat digunakan ajang kenalan. Kita tinggal mendaftar saja pada suatu website jejaring sosial seperti friendster, facebook dan lain-lain.
  11. Lowongan pekerjaan dapat dicari melalui internet karena sudah banyak perusahan yang membuka lowongan secara online. Jadi bagi yang pengangguran, internet sangat berguna bagi mereka karena dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan terkini.
  12. Dan lain-lain.
Begitu pula dengan telekomunikasi, banyak kegiatan sehari-hari kita yang sangat terbantu dengan adanya produk telekomunikasi yang semakin canggih saja. Handphone adalah salah satu produk telekomunikasi yang banyak memberikan manfaat bagi kita, berikut ini adalah beberapa contohnya :
  1. Kita dapat berkomunikasi kapan saja dan dimana saja karena jaringan komunikasi jarak jauh untuk handphone sudah hampir merata ke seluruh pelosok negeri.
  2. Pesan singkat dapat kita kirim dan sampai ke tujuan dengan cepat dengan menggunakan fasilitas SMS yang ada di handphone sehingga tidak perlu lagi menulis surat kemudian mengirimkannya melalui POS jika isi suratnya hanya sekedar menanyakan kabar seseorang.
  3. Dengan adanya fitur 3G, kita dapat berkomunikasi sambil melihat langsung lawan bicara kita dengan meggunakan fasilitas video call yang ada di handphone kita sehingga tidak perlu lagi mendatangi lawan bicara kita jika hanya sekedar ingin mengetahui kondisi dan keberadaan lawan bicara kita.
  4. Handphone telah menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu lagi berbicara langsung di hadapan lawan bicara yang berada jauh dari tempat tinggal kita. Cukup dengan mengetahui nomor handphone lawan bicara, kita dapat berkomunikasi dengannya walaupun lawan bicara kita berada jauh di pelosok negeri bahkan di luar negeri sekalipun.
  5. Informasi tentang kejadian, peristiwa atau bencana darimana saja & kapan saja dapat diketahui dengan menanyakan langsung kepada orang yang terkena musibah melalui alat telekomunikasi handphone.
  6. Jika ingin membeli suatu barang atau makanan, kita dapat memesannya langsung melalui handphone tanpa perlu mendatangi toko yang menjual barang atau makanan tersebut. Hal ini dikarenakan hampir setiap toko/penjual memanfaatkan media telekomunikasi sebagai alat untuk melayani pemesanan dari pelanggan.
  7. Selain melalui internet, jadwal penerbangan serta harga tiketnya juga dapat kita ketahui dengan menghubungi langsung customer service sebuah maskapai penerbangan melalui handphone kita.
  8. Dikarenakan saat ini handphone sudah dipadukan dengan teknologi informasi maka kita juga dapat mengakses internet melalui handphone yang kita miliki dengan memanfaatkan fitur GPRS, 3G, HSDPA atupun wi-fi yang artinya segala informasi maupun transaksi perbankan dapat dilakukan dimana saja & kapan saja melalui handphone asalkan fitur handphone kita mendukung hal tersebut.
  9. Dan lain-lain.
Semua manfaat ini dapat kita rasakan karena adanya Teknologi Informasi dan Telekomunikasi yang semakin canggih saat ini serta tidak lepas pula peranan provider Telekomunikasi dan Internet Service Provider yang semakin memperbaiki kualitas dan mengembangkan fitur layanannya. Banyak orang yang sudah memanfaatkan teknologi ini. Beberapa kegiatan pun sudah dikonvergensikan pada teknologi informasi dan telekomunikasi yang membuat kegiatan tersebut semakin mudah dan praktis saja. Hal ini tidak menutup kemungkinan dapat membuat masyarakat indonesia semakin cerdas dan berkembang karena setiap orang dapat memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi ini untuk mengembangkan ilmu yang dimilikinya. Jadi, jangan pernah menyia-nyiakan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini. Sudah sepatutnya kita benar-benar memanfaatkannya untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta ini.

Komentar

Postingan Populer